Friday, April 27, 2007

Kerokan

1 minggu ini Salma lagi sibuk²nya latihan nari buat pramuka, ga tau deh buat apaan... yang biasanya berangkat sekolah jam 12.00 siang, untuk beberapa hari ini berangkat jam 10.30.
Kebiasaan dari kecil Salma ga pernah sarapan nasi, cukup susu n roti atau sereal kalo ada, kalo ga ada ya kue kering, jam 11 baru mau makan nasi, itupun musti disuapin kalo aku berharap habis, itu juga butuh waktu 30 menit buat abis, kalo ga disuapin... sebagian pasti kebuang, duuh Salma kalo soal makan susyaaaah buanget.

Nah Kamis kemaren kebetulan aku lagi ga ada waktu buat suapin, Jam 10.20 lagi beberapa suap diluar temen² Salma udah teriak manggil², dasar Salma... suka heboh kalo udah ada yang nyamperin gitu.. "maemnya diabisin dulu.." teriakku percuma... malah ribut minta disisir, ribut pake kaus kaki... ya wis jadinya tuh makan ditinggal gitu aja, salim n sun pika piki trus lari deh keluar... pas tak lirik piringnya... cuma dimakan ga ada ½ nya... lha.. bocah ki piye... minum ama biskuit buat bekal pe ketinggalan gitu... Aku keluar buat tengok dan manggil buat kasih bekalnya... rombongan anak² itu udah ga kliatan... padahal belom ada semenit kayaknya... pasti deh mereka tadi lari, dari rumah ke belokan ga ada 100 m tuh.

Jam 15.10 Salma pulang, aku liat keringetnya pe kayak orang cuci muka, matanya kuyu... aku tanya kenapa dia jawab pusing, aku mau suapin dia maem ga mau.., minum susu ga mau juga... katanya mau tiduran dulu.
Abis cuci muka, tangan & kaki dia udah tengkurep tanpa baju di kasur.. aku mau pakein kaus pas tak pegang badannya panas... aku tanya apa dia mual dia jawab engga..., pusing aja katanya. Sebelom tidur aku minumin dia madu berharap bisa turunin demamnya... Sambil ta peluk dia bilang "Ibu aku mau dikeroki..."

Dari bayi Salma emang suka aku balur badannya pake cincangan bawang merah campur minyak kayu putih kalo demam (kalo demamnya karena masuk angin atau flu), sampai ditahun ke 7 masih sering aku lakuin itu, cuma rada beda... bawang merahnya digosok² sampe keluar garis merah kayak orang kerokan, tapi udah 3 kali ini kalo ga salah inget.. Salma udah ga mau dikerok sama bawang merah, maunya sama koin seribu yang biasa aku pake buat kerokan juga.. jadi emang koin itu udah halus pinggirnya.

Nah ini setelah aku kerok, abis itu dia ketiduran dan tetep ga mau pake baju... jam 20.00 dia baru bangun dan aku pegang badannya udah ga gitu panas lagi, abis maem aku beliin wedang jahe di warung nasi kucing, dirumah tak campur madu dan dia tidur lagi... tengah malem keringetnya udah pada keluar semua, suhu badanya juga udah normal.
Hari ini juga masuk sekolah, agak siang karena jum`at, jam 12.30 dia brangkat latihan nari dulu, jam 2.30 baru masuk kelas.

Aku udah bilang ke Salma, maem yang bener... palagi cuaca di Semarang lagi ga bisa diprediksi, siang puanas pol, tiba² aja malem bisa ujan gede. Malem sumuk (gerah), besok paginya bisa dingin kek di Bandungan (daerah atasnya Semarang, kek puncak gitu).
Tapi bocah seumur Salma udah mulai ada ngeyel²nya, udah pinter cari alesan, yang ga enaklah.. kepedesanlah, masih alotlah, kurang asinlah, belom laperlah... duuh duhh masa siiih?, ga mungkin dong aku musti pegangin dia trus jejalin makanan kemulutnya... kadang ngobrol aja bisa ribut kek jerry ma tom.
Salma bilang, koin seribuan itu katanya harta Salma yang paling berharga, lho... emangnya mau masuk angin terusss, mau kerokan terus? bisa tipis lho ntar punggungmu yang cuma tulang ma kulit aja.

Ibu pesen sama Salma, coba deh nurut dikit... apalagi kalo buat kesehatan... kalo sakit gitu siapa yang susah hayoo?.

 
Copyright © Salma's Story