Tuesday, April 24, 2007

Ga kebayar, halal or haram?

Yu Pon, tukang sayur langgananku pulang ke desanya di Klaten, pamitnya sih 4 atau 5 hari buat 'rewang' sodaranya yg kawin. Sebelom Yu Pon libur, biasanya aku udah pesen beberapa belanjaan buat persediaan 5 hari. Pe skarang ini udah 1 minggu ga dateng, jelaslah persediaan udah mulai habis.

Apa ga ada tukang sayur lainnya yg lewat?. Ada, tapi selain belanjaan yang dibawa Yu pon lebih seger walaupun kata tetangga Yu Pon lebih mahal (duh beda 200 or 500 tp kan dapet barang bagus), Yu Pon juga bersedia bersihin ikan atau petikin/potongin sayur yang kita beli atau parutin kelapa, malah kadang sekalian bumbu`in, jadi aku tinggal goreng & masak aja. Trus 2 tukang sayur yg lewat terlalu siang, jam 11... so dagangan yg dibawa tuh barang sisa dan sayur udah layu kepanasan, sebab sebelom ngider dia ngepos gitu.

Untuk masak besok, kita 'mau ga mau' keluar buat belanja, sapa tau besok Yu Pon belom lewat kan?... akhirnya tadi siang aku ke Hero Puri Anjasmoro, supermarket yang paling deket sama rumah.
Udah milih ini itu, cukuplah buat 3 hari trus ke kasir. Satu persatu belanjaan ditaruh dimeja kasir, dijumlah. Pas dapet setengah dari belanjaan mbak kasir yang sebelumnya ga berekspresi dan lebih kliatan bt atau ngantuk atau lagi PMS?, mendadak beda 180ยบ jadi cerah ceria senyum lebar mata melotot siap loncat dan setengah teriak (lha aku & mbak kasir di sebelahnya juga kaget), "Haaaiiii Riki, hou ar yu? long tem no si yu.. I mis yu!!!", sapa simbak`e kek kegirangan ketemu temen yg udah 10 th menghilang.

Rupanya mbak`e ngomong sama orang yang antri dibelakangku... sebenernya sih aku ga pengen tengok kebelakang, tapi berhubung si mbak ngomong lagi "Riki.. I mis yu so so veri mas lho" wew Ingrris dengan logat jawa trus terkekeh² pe mo ngeces, padahal yg sapaan tadi kek belom kejawab deh, aku jadi penasaran siapa sih yang bikin simbak langsung ceria dan ber cas cis cus pe segitunya, aku tengok deh kebelakang, oh bule...tooo yang lagi asyik telponan dan senyum² aja... duh segitunya, kirain tuh Ricky Martin!!.

Karna simbak masih berusaha ngobrol ma bule sementara tangannya ga becus ngarahin barcode belanjaanku di alat sensor... Aku jadi yang lebih konsen liat ke monitor, ga mau dong pe masuk 2 atau 3 kali harganya dari 1 item. Pernah sih beberapa kali karena percaya ma kasir aku harus bayar barang yang ga aku beli, emang bukan di Hero sini sih... makanya sekarang, biar kasir teliti palagi gak aku tetep konsen.

Sebenernya rada jengkel juga sih ma si mbak, bukan karna aku cemburu tapi dia kayak ga sepenuhnya ngelayanin aku, matanya ke bule mulu, bibir senyam senyum 'tebar pesona', tangannya asal²an malah beberapa barang berulang² disodorin kelampu sensor karna ga pas ama barcode. Tapi aku tetep waspada, kalo ada yang dobel, siap protes.

Giliran belanjaan terakhir barang² basah, kebetulan aku ambil udang dan daging dari frezzer yang aku jadiin 1 dalam kantong plastik, kode harga aku adepin ke depan supaya kasirnya ga kesusahan pas nyari harga.
Ga biasanya juga, siang itu abis belanja udah janjian mo mampir ke temen buat ngeliat motornya yang mau dijual, karna aku pikir bakalan lama pe rumah jadi pas di counter ikan aku minta es batu supaya udang ma dagingnya ga kepanasen.
Ga tau si mas kasih esnya kebanyaken apa simbak kasir yang males cari harga barang dan lebih excited ngomong n tanya² ama bule (menyimak omongan simbak keknya tuh bule sering ke situ) padal sibule tuh ga jawab² karna msh telp`nan, malah sekali dengan bahasa tubuhnya 'ngode' simbak kalo dia lagi ngomong ma orang diseberang telp sana, dasar simbak... 'kegenitan' (Ops) dia ga ngeh apa ga tau malu tetep aja tanya ini itu.

Perasaanku ada yang aneh, soalnya tadi pas simbak pegang plastik yg isinya udang, daging dan es batu keknya cuma masukin 1 harga gitu, tulisan untuk harga daging yg mungkin ketutup es batu... ya wis aku kira juga udah ketemu, tapi pas aku liat dimonitor baris terakhir udang, harusnya ada daging dibaris atas.. tapi 5 baris diatasnya ga ada yg bilang daging... hmm aku pikir paling ya wis masuk diatasnya lagi udah di scroll kebawah jadi aku ga liat. dan mataku juga udah ga gitu perhatiin simbak karena siapin buat bayar dan masukin tas belanjaan ke trolley... tiba² aja udah di enter totalnya.

Penasaran pengen ngecek daritadi, pe rumah aku langsung liat setruk belanjaan, Nah lo bener aja kan... daging gak keitung dan malah ada tauge ga keitung juga! gratis? duh kalo yg tauge beneran aku ga perhatiin padahal ada tuh codenya dibawah...
Aku musti gimana? ya ga gimana², itu bukan salah aku kan? Tapi jujur aja aku ga peduli dan ga munafik aku seneng banget!, disana tadi perasaan juga pengen ngomong kok "mba kayaknya daging belom dihitung deh", duuh dengan sikap yang sudah ditunjukan ma si mbak... males deh buang waktu, kan simbak kek udah napsu tuh pengen ngelayani si bule... lagian bukan salah aku kan?.. makanya konsen dong kalo kerja!.

nih barang yg kelewat aka gratis hehe

Siapa yang rugi? apa simbak ntar yang bakalan dimarahi managernya kalo ada yg selip? atau bagian daging? atau malah ga ngaruh? Ah menekepekeren.... (mang aku pikirin?).
Mungkin ini udah rejeki aku, tapi.... halal or haram buat dimakan ya? Ah bismillah aja, toh aku gak nyuri.. ya toch??.

 
Copyright © Salma's Story