Wednesday, May 2, 2007

Belajar Biola (1st song)

Tahun ini udah masuk tahun ke 2 Salma ikut les biola. Tapi jangan dibayangin Salma udah mahir main biola, masih jauh dan masih banyak yang harus Salma pelajari.
Karna les yang Salma ikuti kalau dihitung belum ada 40 jam. Dari April tahun lalu Salma ambil les 2 kali 1 minggu, 1 kali pertemuan 45 menit... udah gitu ga rajin masuk. Ada aja sebabnya..., bisa tubrukan sama jadwal les yang lain, sakit, keluar kota, test sekolah atau gurunya yg berhalangan.

Untung aja Salma punya guru yang baik, bisa diajak kompromi dan ga terlalu ketat ama jadwal. Kalau ga bisa dateng hari itu bisa diganti sama hari yang lain, Makasih ya Pak Teguh.
Pak Teguh ini juga guru di sekolah musik Purnomo, Al Azhar dan bbrp SMU di Smg. Dirumahnya Pak Teguh juga buka sekolah musik, selain biola Pak Teguh juga ngajar keyboard, gitar, bass dan vocal. (tak promosiin nih Pak).

Pertimbangannya dulu kenapa aku les`in Salma di Pak Teguh karena selain deket sama rumah, Pak Teguh juga sarjana musik, bukan cuma orang yang bisa main musik.
Trus sebelum ambil les biola ini Salma juga pernah les piano (kalo ini obsesi bun`e) di Purwa Caraka... udah jalan 5 bulan Salma mulai bosen, katanya guru ga friendly... suka sms`an terus waktu ngajar... udah gitu peraturan ketat banget, kalau udah deal mau les hari jum`at jam 1 siang ya harus dateng hari jum`at jam 1 siang, kalo kita berhalangan atau minta diganti jam atau hari ga bisa, dianggep ilang jam privatnya gitu aja... padhal kita udah bayar didepan, jadi kalo kita ambil 1 bulan 4 kali pertemuan tapi ga bisa masuk 1 kali aja ya pihak Purwa ga mau tau. Tapi kalo gurunya yang berhalangan ngajar bisa seenak udelnya aja geser jam/ hari.
Telat 5 menit tetep diitung, 1 kali pertemuan kan 30 menit, kalo telat 5 mnt ya lesnya cuma 25 menit!, gitupun kalo gurunya yg telat... emang sih jarang tapi pernah telat 3 menit ya sama aja dapet lesnya 27 mnt hihihi... alesannya sih udah ada murid lain yg antri mau les.

Trus alesan lain karna dari umur 4 th aku dah berapa kali les`in Salma macem²... dan ga ada yg bertahan lama, waktu itu sih aku turutin aja apa maunya, sebagai orang tua kan kita musti dukung, dari les renang, ballet sampe model²an Salma pernah ikutin... tapi namanya anak² suka bosen, les macem² paling bertahan cuma 4 atau 6 bulan. Dan aku sih gak maksa... aku pikir kalo udah ketemu keinginan yang cocok sama bakatnya ntar juga betah.

Tapi waktu dia bilang pengen les biola, aku mulai tegesin... kalo pengen bisa sesuatu ya harus ditekuni dgn serius, jangan cuma coba² kan gak buang waktu dan uang... kan aku juga capek musti nganter kesana kemari. Aku juga udah sempet suruh Salma pilih 1 antara les yang pernah dia ikutin mau diseriusin yg mana, Salma keukeh mau biola, Salma udah gede, gak boleh plin-plan, Ok!
Akhirnya dia setuju, tapi aku gak yakin... Biarpun aku udah ultimatum dia kek gitu juga Salma kan waktu itu masih 7½ th, mungkin masih bingung apa mau dia.

Nah akhirnya diputusin cari tempat les yang ga gitu jauh dari rumah, untung ketemu iklan Pak Teguh di Suara Merdeka, kebetulan banget... tempatnya ga jauh dari rumah, kalo les siang Salma bisa jalan sendiri ( jaraknya 300 mt), tapi kalo malem aku anter naik sepeda trus aku jemput lagi setelah selesai, jadi ga musti bengong nunggu.
Biarpun les di Pak Teguh nanti juga bisa ikut ujian dan dapet sertifikat di Purnomo (kalo udah waktunya dong), tapi itu kan masih lama.
Ini les Salma yang paling lama bertahan, Salma udah mulai seneng di biola dan kayaknya bakal serius.
Sekarang Salma masih di grade 1 ambil violin classic, masih pake biola ukuran 3/4, lagi belajar pake buku Suzuki violin school part 1, udah menguasai 11 lagu dari 17 lagu yg ada di buku.

Video ini diambil Desember 2006, lagu pertama Twinkle Twinkle masih pake partitur... Alhamdulillah sekarang udah 5 lagu diluar kepala... cita² Salma dimusik pengen kayak mbak ini doa`in ya.


Selamat Hari Pendidikan Nasional, Ayo maju anak bangsa sesui dengan keinginan dan bakatmu, bukan hanya disekolah saja ilmu bisa didapat, diluar banyak pelajaran yang bisa kalian ambil, Chayo!!

 
Copyright © Salma's Story