Monday, May 28, 2007

Nonton ensembel biola

Acara sabtu 26 Mei malem minggu kita seperti yang udah ditunggu Salma dan udah direncanain, kita mo dateng ke undangan Pak Teguh nonton ensembel gesek, tapi hampir aja batal.
Lho kok? Lha gimana tuh, jam 15.20 ada tamu dan 4.30 masih aja belom pulang, ngajak ngobrol terus... mau ngusir ya ga enak. Sbenernya tamunya sih masih family tapi udah lama ga ketemu jadi yaa banyak kabar berita gitu deh...
Pas aku masuk kamar, aku bilang ke Salma kalo ga jadi pergi dia udah cemberut aja..., duh jadi bingung aku, mana aku belom mandi dan siapin tetek bengek.

Aku orangnya paling ga bisa kalo mo pergi selalu buru²... Biasanya 2 jam sebelum pergi aku udah harus mulai mandi dan dandan dikit, 10 menit sebelum acara harus sudah sampai ditempat. Apalagi hari sabtu itu aku musti keramas.. harus ada waktu lebih buat ngeringin rambut, juga karna perginya pas waktu makan malem kudu siapin dulu makan Bapak dan siapin cemilan dan bikin teh anget buat temen nonton tv, apalagi acara yg mau kita dateng tempatnya di plasa gitu... wah bakal susah cari parkir, mana malem minggu lagi.... duuh.
Inget pesen Pak kalo mo dateng jangan telat... wah tambah senewen nih aku.
Aku udah bingung aja dan mutusin ga pergi... mungkin belom rejekinya, kek nonton spiderman 3 yang pe saat ini juga blom kesampean... hiks.
Salma makin cemberut dan bilang "suruh pulang dong bu.. bilang kita mau pergi, kan perginya juga udah rencana lama, dia dateng ujug²" ... eeeh gimana donggg...
"hehe ga boleh gitu ya wuk, emangnya kita pejabat apa mo namu aja bikin janjian..".
Hmm mikir-mikir.. mau bilang apa ya ma tamu, kalo tak tinggal mandi aja gimana ya?, oke deh mo pamit mandi... udah jam 5 soalnya.

Tau aku keluar masuk kek orang bingung, tamunya nanya apa aku mau pergi... nah!!
"Iya sih, tapi kalo ga juga ga papa kok" jawabku santai tapi kecut juga nih, ga enak kalo dikira keluar masukku gara² dia... padal sumpah.. aku cuma udah ga nyaman aja ama jam yang terus jalan.
Akhirnya aku pamit mandi, keramas kilat aja... duuh prasaan udah cepet tapi gitu liat jam lagi udah 5.30 huhuhu.... gak bisa nih aku kek gini.. gak bisaaaaa...
"udah deh Salma liat tv aja ya, atau boleh deh main ke Mba Eni (tetangga dpn rmh) " rayuku, biasanya sih Salma paling aku larang kalo mo main keluar rumah apalagi abis maghrib.. ini cuma buat nebus dosaku aja dan biar dia ga cemberut terus.
"gak mauuu, aku mau nonton!!, Ibu cepetan gak usah dandan"
"Ibu blom apa-apa nih... belom toto dahar buat yangkung, belom..."

"biar aku yang toto dahar, aku juga buatin tehnya yangkung, Ibu cepetan..." langsung dia keluar kamar, sementara aku denger piring² dan lauknya ditaruh di meja makan... aku terharu, sempet ngintip dikit, uhmm Salma udah tambah pinter sekarang.. udah bisa bantu².. apa karna ada maunya? ahhh positif aja mikirnya... anak wedok, nanti juga bakal ngurus rumahtangga kan.
Aku inget tamuku.. lha... ga enak ninggal lama², pas aku mo keluar aku denger dia yg lagi ngobrol ma bapak mo pulang... gitu aku nungul di ruang tamu dia pamit.
Lega? oh tidaakkk.... jam terus jalan, udah adzan maghrib... rambutku masih basah, aduuh... mo brangkat jam brapa kalo gini... bisa telat.. bisa telat... maluuuu.
Mana bikin alis salah terus... waks.... gini nih kalo ga konsen, buru²... cari rautan aja kek orang mo ngamuk semua laci diubek² padahal ada didepan mata haha. duh sumuk.. sumuk.

Akhirnya semua beres.. dipaksa beres, acak adul ga tau deh... rambut dikeringin asal aja pake tangan, ga di blow... ahh mudah²an gak ketemu Tora Sudiro nanti disana.
Jam 18.35 keluar dari rumah.. rada ngebut, biasanya Salma selalu ribut kalo aku kencengan dikit, sekarang tumben Salma diem.. kali dia juga tau waktunya udah mepet... berdoa ga macet, mudah²an ga macet.. ini kan tanggal tua... iiih pikirannya jelek ya, emang orang punya duit ditanggal muda aja? hihihi..
Separo jalan emang lancar, sampe di Banjir Kanal mulai deh macet... bunderan kecil gitu buat ketemu jalan 3 arah.. gimana ga macet... mending bunderannya bongkar aja kali ya.. pake traffic light... biar rapi.. duh bisa²nya aku mikirin penataan lalu lintas, ngapain??? ga biasanya deh.
Akhirnya terlepas dari macet.. lancar lagi, pas sampe Pandanaran aku mikir kalo lewat muter Simpang 5 bakalan kena macet lagi, makanya pas sampe perempatan pom bensin aku belok kanan, ambil jalan pintas yg lebih sepi, emang bener² sepi... tapi gitu udah didepan Taman KB yang 300 meter lagi udah sampe tujuan huaaaaaaa.... jalan ditutup... ga tau deh ada apa, kek ada pertunjukan apaaa gitu, bukan panggung, tapi penontonnya pake duduk bersusun keatas... ga tau ada basket, voli atau apa.. sponsornya produsen rokok gede.. kata Salma sih ada brikden² gituu.... waaah balik lagi dong, terpaksa harus lewat Simpang 5 nih.. liat jam hiks... 10 menit lagi udah jam 7, mati aku, lagi mikir nih, kalo emang udah telat dan pintu ditutup... ntar ajak Salma nonton film aja deh, udah film apa aja... pokoknya dapet tiket, mo suster ngesot kek... mo genderuwo kek, toh tempat pertunjukannya satu gedung ama bioskop e-plasa, sekarang berdoa aja supaya Simpang 5 ga macet dan yg penting dapet parkir.

Alhamdulillah, Simpang 5 blom macet.. mungkin masih terhitung sore... gitu liat pintu masuk, kita antri urutan 4 mobil dari loket parkir.. berdoa.. berdoa... masih ada tempat... waktu liat satpam sibuk brik²an dan ngitung mobil antri aku udah deg²an aja... Ya Alloh beri 1 tempat buat kami, aku berdoa terus.
Dan pas hidung mobilku didepan loket parkir, pak satpam taruh plang pengumuman kalo parkir penuh dipasang dibelakang mobilku ditengah gerbang masuk.... Alhamdulillahirobbilalaminn.

Rencana mo beli pizza buat ngemil didalem ga jadi, aku cuma mikir Salma, dia blom makan malem... aku tanya apa Salma masuk dulu aku beli pizza dia ga mau, katanya ga laper... udah ikutan stress dia... duh keringetnya juga udah gembrobyos... tadi waktu parkir liat mobil parkir jaraknya jauh juga dia ngomel... "katro, bodo dipek dewe.. harusnya bisa 3 mobil buat 2 aja... piye to" wah wah.. ikutan senewen dia, biasane dia ga peduli tuh, see... niru sapa tuuu... hihihi.
Pas kita udah sampe di Toha Putra, Alhamdulillah... ternyata acara blom dimulai... penontonnya aja masih pada blom masuk, masih pada kipas² kegerahan.

Jam 7.15 penonton baru boleh masuk, uhmm ga banyak sih yg nonton.. mungkin sekitar 50 orang aja, aku kira cuma keluarga dari pemain, ada ayah ibu, kakek nenek, om tante atau kakaknya... aku liat penonton paling muda ya Salma.... wah harusnya dapet piala nih haha.
Terenggg... mc`nya keluar dan mulai ngoceh... cerita dikit soal ensembel Cahaya Hati yang baru dibentuk 3 bulan lalu dan atas prakarsa salah satu orang tua pemain, akhirnya memberanikan diri untuk konser yang pertama... makanya penonton juga masih terbatas... tapi walaupun masih baru, konser ensembel ini pertama ada di Semarang lho... *tepuk tangan*
Cahaya Hati dipimpin Pak Teguh... *tepuk tangan*, anggotanya ada kira² 15 orang dari berbagai murid Pak Teguh yang di Purnomo, di Al-Azhar dll dan InsyaAllah akan diselenggarakan konser² selanjutnya.
Aku bisikin Salma "tuh, makanya Salma rajin latihan, kalo pinter kan bisa diajak konser.. ya?"
Salma ngangguk² aja, aku liat juga dia udah terdorong semangatnya dan pengen juga duduk diantara pemain, padahal yg mo main masih duduk aja mangku biolanya.. Salma udah terkagum²... gimana ntar kalo liat udah main ya...
Abis penjelasan ini itu, ada peraturan menonton juga... dikasih waktu 10 menit untuk yang mau ke kamar kecil, sbab dilarang keluar masuk waktu pertunjukan berlangsung, trus gak boleh ambil dokumen alias ambil foto²... waks... peraturannya kek mo sidang paripurna aja neh... hmm napa ya gitu? katanya sih biar penontonnya bisa menikmati lagu gitu.
Nah karna ga boleh foto.. ya wis camera masukin ke tas lagi deh, aku liat banyak raut muka kecewa, separo dari penonton udah siap genggam camdig atau videocameranya atau ponsel berkamera mereka, huuu gimana gak kecewa ya aku aja yg bukan ortu dari pemain kecewa apalagi keluarga... uhm aku liat ada camera stand ditengah penonton, aku baru mikir.. kali ntar ada vcd yg bisa dibagi ke keluarga pemain... nah kan bener aja.. mba mc juga bilang gitu, tapi namanya keluarga ya kan pengen juga ngabadiin dari angel dia... ah wis aku sih diem aja, iyalah mosok mo gulung²?.

Show time.... semua lampu dimatiin, nah lo... kirain mati listrik hihi ga taunya lampu shot diatas pemain aja yang nyala, 4 lampu shot yang ga gede sinarnya, jadi temaram gitu deh... serasa di cafe neh...
Lagu pertama Twinkle, dilanjutkan Lightly Row, Minuet, Naik kepuncak Gunung... dll sampe bebrapa lagu yang aku ga hapal judulnya hihi.. aku sesekali lirik Salma.. kayaknay dia menikmati bener konsernya, anteng dan penuh konsentrasi... sesekali aku bisikin dia... "Salma mau gak kek mereka?" dia angguk² aja dan sstttt taruh telunjuk dibibirnya, tanda ga mau diganggu... Hmm diantara lagu yg dipersembahkan sih yang paling aku terhanyut ya lagu Kenangan terindah... soalnya bisa ikut nyanyi dalam hati... hihi.
Pe lagu ke 7 atau 8 gitu lampu nyala semua, mba mc kedepan ngumumin untuk pemain atau penonton bisa ke kamar kecil... penonton dipersilahkan ambil kue dan minum yang udah disediakan didepan ... hihi ini seminar apa pertunjukan ya... ga tunggu lama... kita ambil dong kue hehe.. Salma udah kayak orang laper, habis 3 kue dan 2 gelas air mineral hahaha kasihan anakku.
Nah karna daritadi tangan udah gatel mo foto² mumpung break aku ambil aja foto² pas makan kue hehehe.. kebetulan kita duduk desebelah bu Teguh (yg pake baju & jilbab biru) juga ada pak Teguh dibelakang Salma yg pake kaus hitam, nih dia :

20 menit waktu break selese... show dilanjuut... tapi sebelumnya ada pengumuman, lagi pertama disesi kedua lampu tidak dimatikan... penonton dipersilahkan ambil dokumentasi... tapi ga perlu pake blitz, Uhmm aku kira tadi waktu break ada yang usul atau protes... hehe akupun ga ketinggalan nyalain camera... ngerekam video.. cuma sayang pas aku mo upload ke youtube ditolak karna filenya kegedean... durasi 3 menit, dan aku ga bisa cara ngecilin file huhuhu. Sesi kedua diisi lagu kek Ode To Joy, Love me tender, wo te sin, dll.

Tapi untung aja, pas terakhir² aku nekad ambil video juga, cuma pake hp... kalo pake digcam ga bisa soalnya lampu udah ditemaramkan lagi... ga kuat kalee ya cahayanya. Kalo pake hp sih lumayan terang... yah cuma kwalitas gambarnya yg kurang... lagunya aku ga hafal judule, tapi aku familiar kok ma lagunya... coba sapa ya yang tau judulnya?, nah dimainkan 5 orang itu yang paling gede², selain itu kebanyakan anak klas 6 SD atau SMP. liat yuuk mareee...


Setelah lagu Auld Lang Syne yaitu lagu yang menceritakan perpisahan akhirnya pertunjukan berakhir... *plok plok plok*.
Sebelom pulang aku minta foto Salma barengan Pak Teguh... sip pak? siiipppp...


Tepat jam 21.45 kita keluar dari Toha Putra, pas sebelahnya Paparon... aku tanya Salma mo makan apa... apa masih laper... dia bilang masih mau pizza, ya wis kita masuk situ... wah laper tenan ki anakku, chicken wing habis 5, aku disisain 1 hiks.. pizza abis 2 potong huhuhu... bagoeeesss...
Dah abis langsung deh pulang... wah simpang 5 udah macet.. tapi sante lagi... Aku seneng Salma seneng.

 
Copyright © Salma's Story