Sunday, July 29, 2007

Kapok di Simpang 5

Dari sabtu pagi seblum Salma berangkat sekolah udah ngingetin aku kalo aku musti bayar janji aku minggu lalu, nonton Harry Potter. Salma juga udah bilang kalo sabtu ini jam pelajaran dia cuma sampe jam 4 sore karna yang biasanya ada pramuka hari itu belom dimulai.
Aku udah bilang kalo wiken bakalan ga dapet tiket, aku janjiin minggu depan lagi kali udah agak longgar ga mau, kenapa ga hari minggu?, hari Minggu aku udah niat mau ajak dia ke PRPP.. Ee malah dia yang punya ide gimana kalo aku telpon dulu buat tanya apa masih ada kursi, buat mastiin aja.

Ya udah, tar aku telponin...
Jam 4.05 Salma pulang dan nanya gimana hasil aku telpon, lha aku malah belom telpon tuh.. maaf lupa.
Langsung aja aku nelpon ke E-Plaza buat tanya, nah bener aja kan tiket buat jam 19.45 abis.. dia juga denger sendiri.. yang ada juga yg main jam 21.45... huaduu... ga deh.
Pas aku mo bilang "Makasih", si mbak yang diseberang telpon bilang "Eh bentar bu... emang Ibu mau berapa tiket?"
"2 aja kok mbak"
"Hmm 2 ya? ini gini soalnya tadi ada orang pesen bla.. bla.. bla... gini aja nanti 5 menit lagi Ibu nelpon ya saya tanya dulu ke bagian ticketing"
"lha mbak ini dimana? namanya?"
"Saya Ika bu, di cafe.. tunggu ya bu, 5 menit telpon lagi ya"

Tadinya aku udah males nelpon lagi, tapi Salma juga nunggu secara dia denger semua apa yg kita omongin, aku ga mau buat dia kecewa, biar dia puas deh.
5 menit kemudian aku nelpon, langsung Ika lagi yg angkat..
"Bu bisa nih, jam 19.45 tapi harus 3 tiket... kebetulan yg pesen ini batal... kalo 2 ga bisa"
Aku lihat Salma nyengir, tandanya seneng dia... akhirnya dapet juga nonton HP minggu ini.
"Ya udah ga papa... " aku pikir 1 kursi kosong bisa buat pindah² aja atau buat tempat apaaa gitu. Tapi ntar dulu...
"Urutan kursi berapa ya mbak?" , pikirku kalo didepan ya ogah.
"F bu... tapi pinggir, gimana?"
"Ya wis mbak, buat aku ya... bener nih? nanti aku cari mbak dimana? trus itu tiket harganya sama gak sama di loket... trus ini serius gak? nanti udah sampe sana ga dapet lagi, rumahku kan jauhhh bla bla bla..."
"Serius Bu, Ibu juga serius kan?, sama Bu ga ada tambahan kok... nanti Ibu cari saya di cafe... 30 menit sebelom main dateng ya.. bla bla.. bla, ini dengan Ibu siapa? alamat n no hp?"

Setelah beres n deal.. aku langsung suruh salma n simbak siap²... si mbak? iya... kan kita ada 3 tiket, keknya mubazir kalo kosong kan.
Abis Magrib kita meluncur... Salma udah seneng aja. Sepanjang perjalanan Salma kasih cerita ke mbak soal Harry Potter itu siapa & gimana.. temen²nya n musuh²nya... biar mbak dikit tau ceritane gitu, si mbak ah oh ah oh aja.

Sampe di Pandanaran.. huaaa akses menuju ke E-Plaza yg notabene berada diseputaran Simpang 5 (S5) ditutup.. aduuh.. kita belok aja lewat Mugas, mudah²an yg tembus ke S5 masih bisa... Nah untung deh yg tembus di depan Gramed ga ditutup.. tapi gitu kita udah ada di Pandanaran, jalan menuju ke S5 macet.. duhh merayap deh, untung aja masih jam 18.30.. masih bisa deh.

Sampe di S5`nya watatitaaa.... manusia tumplek blek disitu... macett cet.. gak merayap lagi tapi udah kek keong aja nih jalannya.. baru digas.. udah musti ngerem.. mobil, motor n orang nyebrang gak ada aturan lagi.. duh.. semua orang keknya mau masuk kelapangan S5 yg ternyataaaa.. lagi ada panggung Carnaval SCTV... malem itu yg tampil Gigi, Mulan Kwok, Teamlo, Kangen dll... Pantes aja ini manusia gak kayak cendol lagi, tau deh ga bisa nyeritainnya... umpel²an. Duh pengen cepet aja sampe E-Plaza.

Alhamdulillah sampe juga didepan pintu E-Plaza.. gitu kita mau belok masuk waaa ada pak satpam & polisi suruh kita terus, ga boleh masuk situ... lha piye toh... aku liat parkiran mobil tadi masih ada beberapa tempat yg kosong... tapi ga tau deh polisinya suruh kita terus... yg boleh masuk situ cuma yg pake motor aja... gimana nih? ya udah karna tadi kita bingung ga boleh belok ya kita muter lagi di S5... yang artinya bermacet macetan, jalan ga cuma pelan, tapi maju dikit² tiap ½ mt lalu stop, kasih kesempatan orang yang nyebrang ga brenti².

Sambil jalan aku mikir mau parkir dimana.. udah ketar ketir bakalan ga dapet parkir, kecuali parkir dijalan yang jaraknya pastilah jauh... paling gak ½ km dr E-Plaza, ok kita muterin S5 lagi... dan akhirnya kita masuk ke halaman masjid Baitulrahman... Alhamdulillah masih bisa masuk berarti dapet parkir, udah masuk mana tadi sempet ada yg mau nyelonong ngerebut lha kok 2 mobil didepan kita disuruh keluar...berarti kita juga.. ga ada parkir lagi.. aduh napa kalo ga ada tadi ga dari depan aja sih ngelarangnya?.

Keluar dari Masjid udah langsung kepikiran kegedung parkir Citraland, emang agak jauh sih kalo jalan kaki ke E-Plaza tapi ga papa yang penting parkir dengan aman.
Udah pe sana pintu parkir udah ditutup, penuh..
Haduu... kemana lagi dong?, aku liat jam udah jam 19.15 huaaaa gimana nih? 30 menit lagi film main, inget pesen si mbak Ika yg udah pesenin tiket buat kita.

Aduh lupa, kan di Ramayana ada parkir? saking gak pernah kesitu jadi kelewat deh.. ya wis kita muter lagi di S5.. bermacet ria... tambah macet dari yg tadi malah sekarang kaki kiriku kram saking capek injek ½kopling.. aduuhh.. tiap ada kesempatan berenti aku naikin kaki & aku pijet² telapaknya... aku udah ngeluh ga sanggup nih terus, tapi ga mungkin dong berenti sekarang, ya udah sakitnya ditahan dulu... kadang pe kelepas koplingnya saking sakit.
Pe Ramayana sama aja.. penuh. Aku bilang ke Salma kita pulang aja... kakiku dah sakit ga kuat lagi suruh lewat S5... Salma seperti biasa.... ngambek, harus nonton.
Ya udah aku bilang, Salma sama si mbak aja turun di depan E-Plaza nonton berdua aku kasih tau harus cari mbak Ika, toch Salma tau dimana cafe`nya tar kalo udah dapet tiket masuk aja, sementara aku cari parkir sampe dapet ntar aku nyusul, eehh ga mau.. lha kan sama si mbak... sama aja si mbak juga bilang "Takut Bu"... ya wis kalo gak mau semua pulang aja toch, ini udah mepet waktunya, kalopun dapet parkir juga udah telat, percuma.

Yang aku pikirin mbak Ika pasti nunggu kita, duh mana di hp gak ada nomer telpon E-Plaza... kan kita bisa batalin nih... kenapa juga mbak Ika ga telpon aku sih... dia kan pegang no hp`ku?.. gak enak hati nih, dikira aku gak serius pasti.. duh mudah²an mba Ika tau ya masalah kita, mudah²an tiketnya kebeli orang lain.
Pantes aja tadi ada orang ngebatalin nonton, kali mereka juga udah mikir resiko ga dapet parkir, kalo aku tau di S5 bakal ada panggung gini mending tadi udah ga niat dari rumah.

Udah jam 20.10 keinginan ke E-Plaza udah ilang, udah ga mungkin... kita masih aja belom dapet parkir.
Salma yang tadinya duduk didepan ngambek pindah duduk dibelakang sama si mbak, wis kek sopir aja nih aku... inget papi nun jauh disana... kok tiba² aku pengen nangis, antara sedih juga ngerasain kaki yg sakit.
Kenapa ya Salma gede ambeg`nya... tapi aku pikir Salma juga ga salah, dia pantes kecewa... aku bisa ngerti kalo Salma belom bisa mengendalikan emosinya apalagi toh dia bisa sabar selama 1 mgg dari minggu kmaren. Kalopun tadi mbak Ika ga bilang ada 3 kursi kosong aku kira Salma juga mau ngerti... tapi aku juga gak salahin mbak Ika.
Kenapa juga aku gak tau ada keramaian di S5... ga tau siapa yg salah, aku aja yg salah...

Mana seharian aku belom makan.. laperr banget, rencananya tadi sebelom nonton kalo keadaan S5 normal kita mau beli pizza Paparon buat dibawa masuk makan sambil nonton. Skarang perutku udah mulai melilit-lilit... ya jelas aja selain belom makan.. meras otak juga keluarin tenaga buat konsen dijalan.
Aku bilang ke Salma, yuk coba parkir di S5 Plaza... kalo dapet, kita beli pizza di P`Hut trus pulang. Salma udah agak reda ngambeknya... kali dia juga sadar ngeliat aku yg ngeluh kaki kram & sakit, bagus deh punya rasa kasihan.

Alhamdulillah .. masih bisa masuk, dan untungnya masih bisa parkir di lantai 5.
Masuk mal kita jalan aja pelan sambil cuci mata.. juga kasih kesempatan kakiku santai aja dulu, sambil jalan sesekali senam kaki, jinjit².. muterin telapak, kalo ada kursi duduk bentar ngendorin otot. Gimana ga capek n kram? injek ½ kopling muter simpang lima 4 kali gitu loh.
Sampai juga di Pizza`Hut dilantai 1, sambil nunggu pizza yang mau dibawa pulang kita berdiri ditangga yang menghadap ke S5... wiiidiw.. bener² lautan manusia disana, hampir separuh lebih lapangan penuh sesak orang yg lagi jejingkrakan... dari panggung band Gigi lagi nyanyi.

Tiba² Salma bilang kalo mau liat panggung, hah apaaaaa?? berarti mau ke lapangan S5?? aku tanya siapa yg kasih ide? keinginan siapa? karna daritadi Salma jalan barengan sama si mbak, kasak kusuk cengengesan... aku curiga aja kalo yg pengen kesana bukan dari keinginan Salma sendiri... Salma bilang dia yang mau... huaaaa kok tumben?, ga bohong? iyaaa Salma yang mau!!.
Aku udah bilang gak... gak mungkin.. liat aja yang ada disitu hampir semua laki²... yang jejingkrakan, sesekali mereka disemprot air dari alat pemadam kebakaran, yang kalo kita liat di tv pas ada konser ya cowo² yang uhmmm aduh ga bisa jelasinnya gimana... kalo Salma liat di tv`pun aku udah sering kasih tau... itu disana isinya cowo yang ga jauh² dari uhmm.. alkohol, mabok dan nakal... brutal, maaf kalo aku salah.

Lagian kalo kita kesana ga bakalan bisa liat ke panggung, jadi mau apa?.
Salma mecucu lagi... aduh ini anak ada² aja deh permintaannya, gak biasanya... kalo kita lagi pergi berdua dan beberapa kali juga liat ada keramaian disitu Salma gak pernah ngajak nonton² beginian... toh aku udah beberapa kali kasih tau soal konser² begini.
Aku tanya si mbak, apa dia yang kepengen & ngajak nonton di lapangan, si mbak bilang nggak... uhmm, Salma kalo ada temennya berani ya aneh² bertingkah!!.

"Bu kesana sebentar aja, mau liat... ", Salma ngerengek lagi.
Aku gak tahan, mataku melotot.. pengen marah, pengen teriak... pengen cubit Salma... pengen dipijitin kakinya & juga mikir...
kesana..?
gak..!!,
kesana..? buat pengalaman Salma juga aku?? (seumur-umur aku juga ga pernah liat konser dilapangan begitu),
gak !! belom waktunya dan ga ada gunanya...,
kesana...?? biar dia tau rasanya gimana...??
gak.. !! rasanya pasti menjijikan...,
kesana... cari tempat duduk sambil makan pizza...??
Gak..!! aku takuttt... kita semua cewe...
Kesana..?? aduuuh lambungku udah cenut²... bau pizza dari dapur tambah menusuk².
Aku liat mbak, aku liat matanya..
"Mbak berani kesana?"
Mbak agak ragu..., aku juga takut.
"Dibelakang tuh.. gak ramai tuh" , Salma nunjuk² lapangan bagian belakang keknya dia emang yang napsu.
"Gimana mbak? berani?"
"Terserah Ibu.. dibelakang aja Bu mungkin agak lega"

Pizza pesenan kita dateng... Ok kita turun... nyebrang ke lapangan S5, aku liat barengan kita nyebrang ada bapak, ibu dan 2 putrinya... satu seumuran Salma dan satunya 3 th digendong dipudak bapaknya... Udah ikutin mereka aja.
Tapi pas udah sampe lapangan, rombongan keluarga tadi ternyata menuju bagian depan.. duh ga deh... bisa basah kuyup nanti kalo disemprot air.
Tujuan kita langsung ke bagian belakang... yang mungkin rada sepi, tapi ternyata gak... dibelakangpun orang masih aja umpel²an, yg kelihatan lega tadi ternyata tikar atau kursi pedagang makanan.
Untungnya kita masih bisa jalan diantara orang² yang berdiri... jalan satu² kereta²an, mbak didepan, salma lalu aku yang peluk Salma dr blakang.
Kadang kita lewatin gerombolan cowok yg lagi joget²..., yang jogetnya dangdut padahal lagunya ngerock ada juga yg duduk² dirumput, ada yg tidur.. ada juga yg teler. Tadi ngelewatin juga segerombolan cowok bau alkohol.. haduuuu takut deh.


didalem gapura stand Carnaval

Aku pegang tangan Salma dingin, keringetan. Pas dapet tempat yg agak longgar aku coba gendong Salma supaya dia bisa lihat panggung jauh didepan sana.. ga tau deh siapa yg lagi nyanyi, tapi percuma ga kliatan.
Aku tanya dia, enak gak? dia bilang gak.. nah makanya... trus gimana sekarang? mau balik lagi? kita udah berada di separo bagian lapangan... terus jalan cari tempat yg bisa bernafas lega, akhirnya kita masuk ke gerbang Carnaval SCTV yang banyak stand² disitu tapi udah pada tutup... tapi lumayanlah.. agak lega juga ada beberapa anak² kecil yang lari²an... ambil nafas dulu... cari tempat duduk buat kita makan pizza tapi ga ada, semua tempat yg bisa buat duduk penuh.

Akhirnya keluar lagi, perutku dah ga tahan... akhirnya kita duduk di kursi penjual baso, pesen 1 baso buat si mbak, aku langsung serbu pizza, liat basonya mbak keknya enak aku pesen juga.
Didepanku 2 cowo dateng mau makan, mereka abg.. matanya jelalatan liat aku & Salma, uhh untung aja kami pake jacket, Salma langsung pake jaketnya dan diresleting keatas, Salma sendiri yg lakuin... Alhamdulillah dia udah sedikit ngerti mana yg aman & nyaman buat dia.

Sambil makan, diiringi suara Mulan Kwok aku lihat sekeliling sekali kali... seremmm... aku perhatiin sebagian besar cowo semua, rata² berkaus hitam, jeans sobek² atau kedodoran, tali rantai, rambut warna merah or kuning, pake anting ga cuma ditelinga..., keknya semua orang sama style`nya, mereka umuran antara 15-25 th.
Cewe juga ada sih.. bergerombol... umur 15-20 th... seger² full press body, padet.. kulit gelap.. gayanya sama.. jeans ketat dibawah puser, kaus ketat diatas puser.. kalo jongkok aduuuhh bisa menabung disitu, mana jeans n celdam balapan lagi.
Ada yang berani teriak² & lonjak², ada juga yang malu² kucing karna ada yg ngajak kenalan, ada yang udah berani colak colek, ada yang genit genit gimanaaaa gitu tapi aku liat semua happy, ga ada yg bt... hidup mereka kek ga ada masalah.. gairah remaja mereka bergejolak..., mereka di masa puber... tapi apakah orang tua mereka tau sekarang mereka dimana dan lagi ngapain?.
Mudah²an mereka pulang malam ini kerumah masing², Audzubilah mindzalik... ga mau berfikir terlalu jauh.
Yang aku takut dikeramaian.. tiba² aja ada orang lari sradak sruduk.. berantem.. bawa² pisau.. berdarah... uhh aku udah jaga² liat sekeliling kalo² terjadi sesuatu... tujuan lari kesitu.. 4 meter dibelakang kita ada pos keamanan & gerombolan polisi.

kelaperan kan.. and ---------->> terkontaminasi Rock n Roll...

Aku pelan² kasih tahu ke Salma, diusia Ibu yang lebih dari 40th baru kali ini berada ditengah² lautan manusia seperti ini. Sekarang Salma tau... Salma gak suka kan? apa tujuan kita kesini, panggung juga gak kelihatan.., yang ada dilapangan juga gak semua menikmati musiknya, sibuk dengan urusan sendiri... ngobrol² dan ketawa²... dan cari kenalan. Justru yang bener² nikmati musik ya yang didepan, yg jingkrak².
Memang gak 100% semua begitu... tapi yg aku liat 3 per 4 dari mereka ya begitu itu.
Mending nonton dari tv dirumah, bisa sambil tiduran atau ngemil².
Disini udah berdiri diatas kursi juga rambut Mulanpun gak kelihatan... waktu Salma aku tawarin naik kepundakku dia gak mau... saking aku gak mau rugi & percuma aja sudah disini gak kelihatan panggung.

Mudah²an ini pelajaran buat Salma, aku liat Salma juga ga enjoy disitu... dia selalu ketakutan dan ngingetin supaya tasku berada didepan. Waktu aku ambil foto juga dia cepet² ingetin supaya camera cepet² dimasukin ke tas... mata dia ga berani lihat sekeliling.

Abis bayar bakso.. kita putusin pulang, jam 22.20.. sambil jalan terdengar mc daerah ngumumin kalo 10 menit lagi on air... bakal dikawal sama mc Andara Early & Asti Ananta.. penonton diminta lebih tertib... menjaga stabilitas keamanan & nama baik kota Semarang... bla.. bla.. bla...
Sebelom on air Mulan kwok lagi nyanyi TTM... penonton yg tadi dibelakang lebih rapat kedepan, yg bagian belakang juga gak berkurang jumlahnya... udah lebih susah jalan keluar daripada masuk tadi.. kesenggol beberapa orang yg basah kuyub... bau alkohol, kita pulang muter lewat pinggir lapangan yg penuh sesak sama pedagang macam², dari arloji... vcd.. sampe baju.

Sampai juga di S5 plasa, diparkiran lantai 5 hanya tinggal 2 mobil... sepiii..
Dijalan aku tanya perasaan Salma, puass?? dia bilang "Kapok!!!" .. Mudah²an dia bener² kapok... aku ga suka punya anak yg suka nonton² begituan, ga gaul? biarin!!.
Perasaanku?, terus terang aku nyesel... nyesel udah nurutin Salma... mungkin lain ceritanya kalo ada papi tadi disana... tapi aku tau, papi gak bakal juga mau nurutin Salma.. aku nyesel.
Jam 23.45 Alhamdulillah sampe rumah, aku langsung mandi... ga biasanya, trus nyalain tv dan liat SCTV... enaknya.
Tapi Salma malah minta nonton yg lain, kita liat RCTI "Realita cinta & rock n roll" tinggal sisa.. Salma ketawa²... film habis dia langsung tidur.
Saluran aku pindah ke SCTV, aku puas²in liat acaranya... dan masih terbayang² suasana tadi disana.

 
Copyright © Salma's Story