Sunday, July 1, 2007

Bapak

6 th lalu Bapak kena strok, kesehatannya agak terganggu. Karna dulu stroke`nya udah pada tingkat yang berat, jadi pulihnyapun ga total. Kaki sebelah kiri masih dikit susah untuk digerakin.
Dulu waktu di Jogja sempet beberapa kali ikut terapi pake cara pijit refleksi, dan keknya emang ada kemajuan, tapi Bpk n Ibu juga harus pulang ke Semarang. Karna Bpk Ibu dulu hanya tinggal berdua (aku di Jogja) dan ga ada siapa-siapa yang bisa antar ke tempat terapi ya akhirnya didiemin aja, dan makin lama dengan gaya hidup Bpk yang seenak`e dewe, kek makan ga di kontrol (suka banget sama sate kambing), suka kopi n soft drink or merokok ga mau ngurangin, jadinya makin lama kian memburuk. Palagi Bapak ga mau latihan dirumah atau jalan² dikit tiap pagi, kek males gitu.

Setelah wafatnya Ibu 3 th lalu (aku sudah serumah dengan ortu 4 bln sblm Ibu meninggal)Kesehatan Bpk makin menurun dan hobby Bpk duduk diam diteras dari pagi sampai sore (dilakukan sejak setelah pensiun th 99) dan yg ga bs dilarang merokoknya ga bisa brenti, malah menjadi n tambah parah.. dulu waktu Ibu masih ada (kata tetangga) pernah sempet beberapa bulan merokok dijatah... karna uang yg pegang Ibu jadi dibeliin rokok tapi dikasih rokok setelah makan, ke WC atau sesekali pas nonton bola di`tv... jadi gitu deh sekarang merasa bebas ga ada yg larang lalu kek bales dendam.

Skarang ga mungkin aku lakuin sperti yg Ibu lakukan. Bpk kan pegang uang sendiri... dan uangnya selain buat jajan, beli jamu, bayar listrik, air, arisan ini itu ya sisanya abis buat rokok, aku ga berani minta dengan alasan aku simpenin uangnya untuk menghindari dari beli rokok (spt yg disarankan tetangga, tapi aku ga lakuin sbab kalo aku menuruti saran tetangga pasti kapan² yg nyaranin begitu akan berbalik bilangin/ngomongin dbelakangku kalo aku makan uang pensiun Bapak :p) atau ngelarang²... paling ya sekali² ngingetin rokoknya dikurangin gitu aja. Atau kalo uang dah abis dan minta dibeliin rokok ya paling aku beliin 4 or 6 batang untuk 1 hari (biasanya 1 sampe 2 bungkus sehari) kalo ga sama sekali ya kasihan dong.. tar stress.
Biarpun aku kontrol makanannya dirumah, tapi menurut laporan tetangga, Bapak suka jajan ga karuan selagi aku tinggal pergi keluar. Yang beli gorengan, sate kambing atau tongseng sampe nasi goreng babat yang sering lewat di depan rumah... Aduh, pasti kena lagi deh aku dikira aku ga kasih makan cukup dirumah... tapi pls deh Bpk emang tukang jajan.

Soal kebiasaan duduk di teras dari dulu aku udah sering bilangin, jangan duduk lama-lama di teras apalagi suka sambil ngantuk² dan kadang duduk tertidur sambil kaki ditekuk bersila. Bukannya aku malu Bapak dilihat banyak orang lewat, tapi lebih untuk kesehatannya aja atau takut kalo² jatuh, kan aku ga mungkin awasin Bpk terus²an. Tapi yah Bapak susah dibilangin, kalo boleh aku ngomong agak kasar, Bapak tuh (maaf) bandel pol. Gak sekali dua kali aku bilang kalo ngantuk sare didalem, tapi kata tetangga biar aja orang tua emang suka begitu jangan dilarang², yang penting happy.. ok, tapi kalo kupingku selentingan denger katanya Bpk ga diurus anaknya.. didiemin tidur diluar apa gak panas tuh?, udahannya aku malah banyak emosinya (keinget kt orang sih) kalo nyuruh Bapak masuk dan duduk di dalem, kalo ngeyel kelepas nada tinggi.. dan meluncur kata² "nanti dikira aku gak ngurus loh". Tapi karna aku juga musti ngurus Salma n lain², capek musti bilangin terus yaah aku seringnya biarin aja Bapak duduk di teras (kalo bayi ya gampang aja tinggal diangkat), tapi kalo udah agak sore dan tetangga banyak yang mulai keluar rumah gantian Bpk aku suruh masuk aja, itupun kadang masih ngeyel ga mau, phew.

2 th belakangan emang Bapak jarang dibawa ke tempat pijet atau terapi, karna aku ga ada waktu buat anterin. Pernah dulu pas Salma klas 1 jadi masih banyak waktu karna Salma masuk pagi abis sekolah kami pergi antar pijet 1 minggu 1 kali, beberapa kali dateng ketempat pijet refleksi, tapi karna penangannanya yang kasar ga ada kemajuan (kali juga bukan salah tkg pijetnya aja) juga jamu² yg ga jelas aku stop, abis itu ga ketemu lagi tempat yang cocok... selain itu Bapak aku liat juga ga ada kemauan, ga mau usaha buat baik. Dokter juga nyaranin tiap pagi dipake jalan dari ujung ke ujung gang itu juga ga dilakuin, kalo bangun tidur udah beres semua langsung duduk ngerokok kaki ditekuk bersila... Yah begitulah Bapak.

Dan 3 bulan ini emang jalan Bapak udah agak kesusahan, selalu merembet/ berpegangan apa aja yg ada atau pegangan dinding. Makin memburuk aja, di perumahan sini tiap minggu ada lansia, bisa diperiksa n dikasih obat, bapak juga ga mau... dibawa ke dokter juga ga mau. Keknya hidup Bpk sukanya ngobrol, nonton bola n ngerokok... kalo nonton bola aja sampai pagi²... duh.

Kamis
Sore pas aku mau bantu cuci rambut Salma aku liat Bpk yg tadinya duduk dibawah (seperti biasanya) sambil nonton tv lagi mencoba berdiri tapi gak bisa, aku tanya mau apa dijawab gak mau apa-apa. Ya udah kalo ga mau apa-apa jangan berdiri karena emang beberapa hari ini sudah kesulitan untuk jalan. Biasanya sih dari duduk ke posisi berdiri beliau biasa berpegangan lemari tv dulu lalu jalan pelan². Hari itu emang hujan dari pagi aku udah liat Bpk bolak balik ke kamar mandi... aku suruh pake baju hangat n bikinin air jahe.
Sore itu Bpk keknya mau ke kamar mandi, aku bilang gak usah bolak balik, aku udah sediain pispot biar ga kecape`an, soalnya dulu juga pernah gini pas tiap hari hujan kesehatannya menurun, kedinginan.. pas bolak balik mau pipis malah udah buang air kecil kececer dimana² soalnya mungkin pas kebelet belom sampe ke kamar mandi udah keluar.

Ga tau deh aku seharian udah rada capek.. trus Salma udah teriak² dari kamar mandi minta dikeramasin. Aku tinggal aja Bapak yg masih berusaha berdiri, aku bilang sebentar nanti kalo perlu apa² sesudah aku keramasin Salma.
Gitu keluar dari kamar mandi aku liat Bpk udah sampe di garasi dgn posisi duduk pegangan rak sepatu yang udah bergeser letaknya karna ditarik² dan yg masih aja kekeh mo berdiri... duh ga tau deh aku jadi emosi... aku tanya lagi emang Bpk mau apa? kalo mau apa² bisa aku ambilin, Bapak diem aja... ya wis aku akhirnya coba tolongin angkat tangannya buat berdiri tapi beraaatt banget, aku gak kuat.. selain tanganku yg dua²nya emang udah rada cacat (rematik dan ga kuat angkat berat) Bpk juga diemm waktu aku coba buat angkat, aku bilang coba Bpk pake tenaga kalo aku aja yg angkat ga kuat.

Akhirnya dengan sekuat tenaga aku tarik dan berhasil juga buat berdiri. Aku bilang mau kemana... ke kamar mandi apa kemana?, masih diem aja... wis aku ga sabar, aku pikir Bapak udah berdiri kali udah bisa jalan kek biasanya. Aku tinggal sebab aku mau mandi. Eh baru aja balikin badan... bugg!! kaget & reflek aku balik lagi dan ngeliat Bapak udah jatuh terlentang. Duh panik... aku teriak panggil Salma yg masih blom pake baju... minta tolong bantuin buat angkat Bapak.. ga tau deh keknya aku ngomong udah pake nangis.. nyerocos ga karuan antara takut, sedih, marah dan dikit jengkel.

Aku coba buat dudukin Bapak dulu tapi Bapak diemm aja... aku tambah panik, aku bilang "Kung ayo duduk donggg...", tapi badannya ga mau diangkat tambah diem matanya ketap ketip aja... aku takut, aku liat Salma yg blom pake baju (cuma lilitan handuk) ga ngerti juga harus gimana, trus Salma bilang ke aku "Ibu biar dulu aja..bernafas dulu, tunggu sebentar", ya wis aku tunggu sambil liatin Bpk yg diem, setelah Salma pake baju aku ajak angkat Bpk lagi, Salma tarik tangannya aku dorong punggungnya... uuh gak bisa!!, ganti posisi, aku yg tarik tangan Bpk... malah aku n Salma saling teriak "tarik Sal.. tarik pake tenaga dong, makanya makan banyak biar ada tenaga!!", "Ini udah ditarik bu... udah ditarikk!! huhhh uuhhh". Aduh ini Bapak badannya kaku banget... apa Bapak yang ga mau duduk atau aduuhh.. pikiranku udah kalang kabut ketakutan terjadi apa-apa yg lebih parah.Kami coba lagi beebrapa kali sampe tanganku udah mulai kerasa sakit... Bpk masih dieemmm ga berkutik. Aku bingung.. bingung
mau gimana... gimana caranyaa??.

"Minta tolong orang dong bu" Salma keknya juga udah pasrah.. aku tengok kedepan rumah, tapi kampung sepii.. aku tengak tengok ga ada satupun orang diluar, aku sekilas liat rumah depan (sebelah rumah Rara) intip² dari balik korden, ah ga mungkin minta tolong mereka... mereka semua cewe. Tumben juga nih sore² sepi, aku liat jam diangka 5.30.Pikiranku cuma 1, mudah²an sepupuku masih dijalan dari balik kerja... aku hubungin hp`nya beberapa kali ga nyambung... duuh gimana nih. Akhirnya aku telpon tetangga belakang rumah, minta tolong mas Minang... aduh blom pulang juga... setelah beberapa menit coba telpon mas Minang lagi.. kalo blom pulang juga minta tolong adeknya aja, mba Ninik.. wis ga tau kali bisa kalo diangkat aku ma mba Ninik. Pas telpon lagi kebeneran Mas minang udah pulang.

Alhamdulillah.. akhirnya Bpk diangkat ke kasur sama mas Minang. Ditanya apa ada yg sakit Bapak bilang pusing... aku baru sadar badan Bapak kok anget tapi bagian kiri aja... aku mau bawa ke dokter kata mas Minang ga usah dulu.. ini mungkin meriang aja, ya udah aku tawarin
minum obat Bapak mau... sebelomnya makan malem dulu trus minum decolgen. Mas Minang pun pulang.

Agak tenang.. aku suruh Bapak tidur aja... sengaja pintu kamar ga kututup supaya aku bisa liat Bpk & bpk kek berusaha mau duduk terus... aku tanya mau apa? masih diem aja.. aku suruh buat tiduran aja Bapak bilang iya. Aku tinggal ngambilin makan buat Salma, Salma dari kamar Bapak teriak² manggil aku... gitu aku liat posisi Bapak kakinya udah dibawah tapi pantat keatas masih dikasur "yangkung ni mau apa sih?? kalo mau pipis dipispot dulu ya... kalo ga mau apa-apa mbok ya tiduran aja...", Bapak diem aja. Aku coba angkat kakinya ke kasur kaku minta ampun!!!, aku coba angkat dari belakang... tanganku yg kanan udah ga kuat lagi narik.. pake tangan kiri aja.. ga bisa, padal Bpk termasuk kecil duh udah menggeh² campur sakiit banget.

Bapak masih di posisi melorot diem. Akhirnya aku nangis... nangis kek anak kecil... sedih banget, kenapa juga aku musti sakit gini?, kenapa juga tiap aku angkat Bapak kek ga mau gerak, apa Bapak marah sama aku? Ya Allah, kalo disuruh angkat semua badan bapak jelas aku gak mungkin bisa. Liat aku nangis Salma juga nangis... ga tau deh udah kayak orang kalap aja nangisnya, tapi kami masih tetep brusaha angkat Bapak.. dan tetep ga berhasil.

Aku keluar rumah.. rasanya pengen pergi jauh dari rumah, tapi gak.. gak mungkin, aku gak gila... aku pergi ke rumah mas Minang sambil terisak², mas Minang lagi sholat Isya, aku bilang ke mba Ninik abis sholat mas Minang aku minta tolong angkatin Bapak lagi.
Aku pulang ga lama mas Minang dateng n benerin posisi tidur Bpk. Bapak ditanya mas Minang apa yang dirasakan, katanya pusing aja. Heran deh kalo ditanya orang lain kok ya mau jawab.
Mas Minang bilang tadi udah minum obat kan... dicoba buat sare aja jangan gerak²... Bapak jawab iya iya iya. Mas Minang nunggu sebentar sambil ngobrol sama aku, sekalian nunggu Bpk sampe sare.

Jam 8 mas Minang pulang karna dilihat Bapak juga keknya udah anteng sare.
Aku anter mas Minang pe depan sambil tutup pager.
MasyaAllah.... Lahaulawalakuataaaa... gitu aku masuk rumah, ga tau tadi gimana Bpk udah muter posisinya berbalik 180 drajat!!, "Astagfirullah.. kung, iki piye to apa mau siksa aku pelan² siiihhh... kok kayak gini maunya apa??, apa mau ke RS?", aku ga tahan lagi... gak
tahannn.. dosa apa aku Ya Allah, ampuni aku... aku nangis lagi udah ga urusan Salma liatin aku juga sambil mewek, aku sakit banget... sedih banget... takuttt... gak karuan.

Aku diemin aja Bpk diposisi kebalik, aku duduk di kursi kompi dimana aku bisa awasin Bapak dari situ.. aku liatin aja sambil terus nangis.
Berkali² Bpk kek mencoba buat bangun... aku samperin dan aku bantu buat duduk, gitu bisa duduk eee badannya jatuh lagi ke kasur, aku buatin susu tapi ga mau minum... aku diem duduk lagi Bapak berusaha duduk lagi, aku bantu lagi udah duduk dijatuhin lagi... gitu terus pe pegel aku (ga tau sengaja pa gak) gitu terus pe 4 kali, sambil duduk aku sibuk telpon ke sepupu²... pikirku biar wis malem ini dibawa ke RS aja, kali ada yg parah aku kan ga tau... buat minta tolong ke mas Minang lagi aku ga enak. Tapi 3 hp yg aku hubungi ga nyambung semua... terakhir tersambung sepupuku bilang ga bisa kerumah karna besok mau pulang ke jogja :(

Aku sms papi ga dijawab²... wis panik pokoknya... pas aku agak tenang dan jam udah nunjuk di 10 aku bilang ke Bapak yang masih aja ngah nguh nyoba bangun tapi aku udah jengkel dan kacau bilang kalo ini udah malem dicoba buat tidur dulu.
Gitu aku liat Bapak rada tenang aku masuk kamar nemuin Salma yang juga lagi nangis terisak... aku peluk dia, aku kasih tau dia pelan² soal keadaan ini, sbernya aku udah tau keadaan ini bakal terjadi... Salma juga udah pernah aku kasih tau supaya dia siap aja, yang aku gak nyangka Bapak kek susah ga mau omong ma aku n bandel... perasaanku Bapak kek mo nyiksa aku... Salma juga aku kasih tau kalo kita bakalan ga bisa keluar² kek dulu... Salma mau ngerti.. makasih ya wuk, aku peluk dia dan kamipun nangis sesenggukan.

Aku balik lagi ke kamar Bpk, aku liat Bapak tidur... Alhamdulillah... sms papi masuk bilang dia lagi dikantor, aku bilang mau ngomong... tapi lewat chat aja, kalo lewat telpon bakalan lama dan gak jelas... lagian ini disini sudah malem, ngomong sama papi pengennya teriak saking jauhnya. Papi bilang Ok trus aku onlen, tapi aku liat papi ga ada. Di Yahoo ketemu temen yang kebetulan dia healer, aku ngeluh soal Bapak... lalu diinvite masuk room dimana komunitas healer lagi kumpul... jadilah aku curhat dan kata mereka akan membantu penyembuhan Bapak. Bekal nama n tanggal lahir akhirnya ditransfer energi jarak jauh ke Bapak... pokoknya dibantulah, yah percaya ga percaya dalam keadaan gini aku percaya aja... lagian malem itu aku udah butek banget... ga bisa mikir kecuali keadaan Bpk aja.

Sambil nunggu papi onlen aku ketemu Nia, ngobrol dikit... yang harusnya papi udah onlen lamaa banget ga nongol juga pe aku sms lagi, dia bilang karna dikantor masih harus install MSN.. duh install kok lama banget sih... pe beberapa kali aku sms suruh cepet.. akhirnya nongol juga. Langsung deh tumpah cerita soal Bapak dan mewek lagi... minta pertimbangan ke papi gimana... papi bilang besok bawa ke RS buat periksa, sapa tau ada apa-apa... Ok karna papi ga bisa lama ol akhirnya udahan dan aku disuruh tidur aja.

Jam 2 pagi..., Salma udah tidur aku kek gak ngantuk... bentar² aku tengok kamar Bapak, aku balik kekamar lagi... liat Salma aku nangis lagi kebayang macam²... gimana kalo stroke, gimana kalo disuruh opname... siapa yg nunggu? bakalan wara wiri ke RS hiks, pe abis rasanya air mata tapi blom juga bisa merem. Udah baca doa², ayat pendek pe ayat kursi.
Aku liat hampir jam 4, aku harus tidur... bisa gak bisa.


Jum`at.
Jam 6 aku bangun, klar di dapur aku liat Bapak udah turun dari kasur dan jalan buka rolling door. Trus mau ke kamar mandi, Dalam hati Alhamdulillah sudah baik tapi buat jaga² aku bilang Bapak jangan jalan² dulu, kalau mau pipis di pispot aja.. nanti aku juga bantu buat basuh badannya, agak siangan kita ke RS. Ga tau ga denger atau ngeyel... sampe juga Bapak ke kamar mandi, aku dengar bapak mandi, seperti biasa abis itu minum susu n makan roti yg udah aku sedia`in dan duduk di kursi plastik (gak ada senderannya), ya udah aku kira udah agak sehat aku tinggal ke depan, selagi aku beres² ruang tamu... bugg!! kedengar suara kek ada yg jatuh.. aku lari ke dapur... Ya Allah Bapak jatuh terlentang... pas aku mau tolong buat berdiri Bapak kaku minta ampun!!! "ayo dong kung duduk", tetep diem kek smalem. Aku liat dik Miko (bapaknya Rara) lagi nyapu... aku panggil dia buat minta tolong, tadinya mau dibantu buat berdiri tapi Bapak ga mau, diem aja... sampe dik Miko panggil² "pakde... pakde" tetep diem.
Akhirnya diangkat ke kamar, aku liat kaki Bapak sebelah kiri bengkak... aduuhh...ini kenapa? keseleo jatuh smalemkah?, Dik Miko nawarin manggilin dr.Abin yang rumahnya ga jauh. Tapi ternyata dr.Abin udah berangkat ke RS. Ya wis nanti sekalian aja ditanyakan n dipriksa ke RS.

Hari ini jadwal mbak dateng buat bersih² dan nyuci... lagian ini masih pagi, dik Miko juga nawarin bantuan kalo nanti mau ke RS bisa dianter dia. Ok aku mandi dulu... abis itu Salma aku bangunin... gak lama si mbak dateng... aku suruh ngepel aja gak usah nyuci n setrika sebab kita mau pergi. Abis mbak ngepel... aku liat Bapak tidur pules banget... aku ga tega buat bangunin atau diangkat ke RS, ya wis ke RS nunggu ntar bangun aja. Sampe si mbak selese setrika jam 10 Bapak masih pules. Karna hari ini jum`at aku putusin ke RS abis sholat jum`at aja.

Si mbak nemenin ngobrol aku dan aku curhat² dikit dengan keadaan ini... akhirnya deal yg tadinya mbak dateng 2 hari sekali mulai besok senin mbak bakalan tiap hari dateng buat ngurus Bapak dari pagi pe maghrib.
Abis dik Miko jum`atan Bapak dibawa ke RS Kariadi dianter dik Miko, Aku, Salma n Mbak`e. Tiba di UGD diperiksa... tekanan darah bapak normal, ditanya dokter keluhannya cuma pusing. Pas aku tanya dokter soal bengkaknya dia bilang mungkin karna jatuhnya.. aku tanya kemungkinan apa stroke`nya kambuh dia gak bisa pastiin, kalo mau pastiin musti ke bagian poliklinik diperiksa dokter syaraf dan karna hari jum`at poli udah tutup dari jam 11 tadi. Setelah beli obat untuk 2 hari, karna senin harus cek kesana atau mau dibawa ke bagian syaraf... akhirnya ya pulang.

Aku sedikit heran aja, aku sengaja keUGD supaya ditangani lebih serius n aku kira banyak dokter jaga tapi tadi disana cuma ada 1 tadi yg periksa Bpk mbak² dokter pa koas ya? kek masih umur 26`an... uhmm ga yakin sih sebenernya, bukannya aku megharap Bpk lebih parah dari ini... tapi kok kek penangannannya ga maksimal, pikiranku kek gimana kalo kena strooke lagi... tapi ya udahlah. mudah²an ini cuma pusing aja... toch Bapak juga ga mual or sesak nafas.
Pulang dari RS Bapak tidur... masih susah buat duduk.. jadi ya minum pake sedotan n makan sambil tiduran aja... yang penting buat aku Bpk udah agak tenang... aku juga bisa tenang.

Sampe malem Bapak udah mau aku ajak ngomong... udah nurut, aku suruh tiduran aja mau... minum juga mau, makan pisang goreng habis 2 padahal abis makan nasi... :) Alhamdulillah deh moga bisa membaik... sesekali aku tanya apa pusingnya masih.. ya bilang masih rang minum obat baru 1 kali... kaki yg bengkak aku balur pake parem campur gandapura, abis itu tidur.

Jam 10 malem aku baru sempet buka kompi, buka blog udah banyak temen yg ngucapin met wiken, duh ga enak banget... harusnya aku bw dan menyapa mereka untuk ngucapin met wiken tapi bener² hari itu ga sempet buka kompi... buka pagi ketemu Tia aja di Yahoo.. itupun ngobrolnya keputus²... Ah mudah²an semua temen bisa ngerti kenapa aku ga bw hari itu. Malem itupun aku ga sempet kemana², pikiranku masih agak kacau n ga konsen buat baca apapun... apalagi kalo inget ini harusnya liburan buat Salma... walaupun ga bisa kemana²... tapi aahh ga tau... butek ga mau curhat soal ini.
Ga kuat ngantuk n capek banget... dan aku baru sadar kalo aku terakhir makan ya sarapan hari kamis yg aku lakuin jam 2 siang... wah hebat.. aku gak laper sama sekali... ya wis.. jam 11 aku tidur.

Sabtu.
Bapak dari bangun tidur aku larang buat turun sendiri, manut. Karna Bapak aku pake`in diapers (tetep ga mau pake pispot) aku bawa kekamar mandi.. buat basuh sekalian mandi deh, ga mau pake air anget ya wis.. karna aku liat kaki masih bengkak, Bapak aku dudukin di kursi yg biasa buat aku duduk depan kompi(beroda) lalu aku dorong pe kamar mandi, di sana Bpk aku suruh duduk dikursi plastik dan sandaran ke dinding, aku mandiin.. pas bilang mau BAB juga dorong lagi berdua Salma sambil nyayi.. "becak.. becak.. ayo antar saya...".

Hari ini aku lebih tenang, Bpk juga tenang... malah bisa dibilang hari ini lebih ceria dari biasanya. Buka kompi udah bisa guyon sama Tia.. trus karna di net sepi aku kerjain aja kerjaan rumah ngepel, cuci seprei, bersihin ruang tamu sampe lap² pajangan... lap meja kursi, beresin kamar dilap semua lemari... masak, bisa guyonan sama Salma, ngeladeni Bapak ambilin makan, nyuapin, nyuapin Salma.

Sampe sore aku juga ga laper... ga ada selera makan, ga tau... akhirnya cuma makan roti aja jam 7 tadi.Hari ini emang capek banget... tapi aku happy... ternyata aku bisa.. aku bisa sabar, dulu sebelom kejadian ini aku gak bisa membayangkan betapa repot dan bakal emosinya aku... benar juga kata Nuga, apapun yang dilaukan dengan ikhlas dan sabar juga dengan senyum akan tak terasa.. Yah mudah²an seterusnya Bapak bisa pulih seperti semula... sehat dan bisa jalan lagi, Amiennn.

 
Copyright © Salma's Story